Yuk kita kenalan dengan genre Easycore

minikutumedia.com – Kali ini Kutu ingin sedikit bercerita tentang salah satu genre yang lahir pada era millenial yaitu Easycore. Easycore sendiri merupakan genre musik yang lahir dari perpaduan antara keceriaan musik Pop dengan gelapnya musik Metalcore. Selain itu, Easycore juga sering disebut sebagai penggabungan musik Pop Punk dan Hardcore.

Biasanya Easycore cenderung menggunakan musik Pop atau Punk sebagai ritme dan komposisi serta clean vocal yang digabungkan dengan breakdown dan unclean vocal dari musik Metalcore/Hardcore. Nama lain dari Easycore adalah Happy Poppunk, Happy Hardcore dan Popcore.

Foto: Istimewa

Sebetulnya Easycore bukanlah sebuah genre baru, melainkan hanya sebuah nama acara yang dibuat oleh band yang berasal dari Coral Springs, Florida, Amerika Serikat yaitu New Found Glory (NFG). Band ini didirikan pada tahun 1997.

Acara tersebut merupakan salah satu agenda tour dari NFG yang diberi nama “Easycore Tour”. Dalam acara tersebut diisi juga oleh beberapa line up band seperti A Day to Remember, Four Year Strong, International Superheroes of Hardcore, Crime In Stereo dan tentu saja New Found Glory itu sendiri.

Namun seiring berjalannya waktu, Easycore semakin dikenal sebagai genre baru yang cukup mengasikan dikalangan anak muda. Hingga pada medio tahun 2000-an mulai bermunculan band-band baru yang diklaim bahwa mereka memiliki genre Easycore seperti Fight Fair, All or Nothing, The Wonder Years, Me Vs. Hero dan Chunk! No, Captain Chunk!.

Meski begitu, pada awalnya Easycore dikecam oleh banyaknya penggiat musik Metalcore karena dianggap merusak filosofi dari musik metal yang memadukannya dengan kecerian musik pop.

Nah setelah tahu apa itu Easycore, yuk kita dengarkan beberapa lagu dari band-band easycore yang tadi Kutu sebutin

New Found Glory – Vicious Love

Four Year Strong – Tonight We Feel Alive

A Day to Remember – Paranoia

Chunk! No, captain Chunk! – In Friends We Trust

a little person with a big dream

Leave a Reply