una dairy : guru yang tidak pernah lelah berkarya

Dec 26, 2015
484 Views

minikutu_seniman_unadairyminikutumedia.com – Una Dairy (lahir di Bandung, Jawa Barat, 8 September 1969) atau lebih dikenal dengan papih dairy ini adalah seorang composer atau penata musik. Ia adalah lulusan dari STSI Bandung Jurusan Teater. Saat ini ia menjadi guru di Jurusan Teater dan Jurusan Musik di SMKN 10 Bandung dan staf pengajar di Bina Vocal dan Piano Sanggar Seni Getar Pakuan, Bogor. Ia terjun di dunia musik hampir 25 tahun lamanya. Sering menjadi penata musik dan sutradara di beberapa pertunjukkan teater dan menjadi pianist di beberapa Hotel Bintang empat dan lima di kota Bandung. Tidak hanya kompeten menjadi penata musik dan sutradara saja tetapi ia pun kompeten saat menjadi salah satu aktor dalam pertunjukkan teater. Karena ia berangkat dari sekolah seni dengan jurusan teater di STSI Bandung (sekarang ISBI).

Saat kuliah di STSI Bandung (sekarang ISBI), hasrat untuk bermusik mulai muncul. Saat itu Una Dairy masih menjadi mahasiswa teater. Karena bakat yang dimilikinya dalam bermain musik akhirnya ia mengembangkan bakatnya tersebut kepada sebuah keyboard. Una dairy menjadi sutradara dan penata musik sejak tahun 2004. Ia juga pernah menjadi player dan penata musik di acara pameran pariwisata internasional vakantiebeurs di Holland pada tahun 2010. Beberapa kali ia menjadi penata musik dan player di beberapa acara kebudayaan di luar negeri. Karena kecintaannya terhadap seni, saat ini ia sedang membuat program “go public” di SMKN 10 Bandung. Go public ini dimainkan oleh kelas XI atau tingkat dua di semester ganjil. Tujuannya adalah untuk membuat seni teater tetap hidup. Kalau dulu go public hanya diadakan jika ada pertunjukkan yang sukses saat dipentaskan. Kali ini konsepnya berbeda, ia membuat go public diadakan setiap tahun. “Di zaman sekarang sudah banyak para generasi muda yang sudah tidak terlalu tertarik akan budaya seni tradisi, jadi saya membuat terobosan baru untuk membuat seni tradisi teater lebih menarik. Teater kadang lebih cenderung terlalu serius dan membosankan, tetapi kali ini saya membuat konsep teater dengan cerita yang ringan dan lucu. Lebih banyak mengarah kepada komedi” tuturnya.

una 2

Una Dairy mulai dikenal sebagai penata music berkat arransemennya dalam pertunjukkan teater. Salah satu arransemen yang dibuat oleh Una Dairy adalah Pop Opera Sangkuriang bersama Bambang Arayana Sambas. Pop Opera Sangkuriang ini menjadi salah satu pertunjukkan teater fenomenal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya hingga akhirnya dibuat menjadi sebuah festival. Tak hanya itu ia juga pernah menjadi penata musik angklung saungujo di Java Jazz tahun 2008. Penatamusik+player di acara pameran pariwisata Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia tahun 2010. Penatamusik+player di acara TongTong Fair Deenhaag, Belanda tahun 2012.

How you feel for this post?
Share your vote!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Hay sahabat kutu! :)

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better