Pakai aplikasi ini buat cari tahu judul lagu

minikutumedia.com – Lagi di mall terus tiba-tiba denger lagu yang asik tapi gatau judulnya? Tenang, Kutu ada solusinya. Jadi ada satu aplikasi yang bantu Sahabat Kutu menemukan judul lagu. Nama aplikasinya yaitu Shazam.

Dengan aplikasi yang didownload secara gratis ini, Sahabat Kutu bisa bebas mengidentifikasikan judul dari lagu yang diputar di tv, radio atau tempat umum. Selain itu, di Android atau iOS, fitur ini bisa diakses melalui Google Assistant atau Siri.

Jadi di aplikasi Shazam ini ada dua mode pencarian judul lagu, yang pertama adalah mode “Shazam”, dan yang kedua adalah mode “Auto Shazam”. Perbedaannya adalah, mode “Shazam” hanya akan mencari satu lagu ketika dihidupkan. Sedangkan mode “Auto Shazam” memungkinkan pengguna untuk mencari banyak lagu sekaligus tanpa harus repot mencarinya satu-persatu. Pertama, Kutu akan membahas mode “Shazam” dulu ya.

Mode Shazam

Pertama, bukalah aplikasi seperti biasa. Anggap kalian lagi dengerin lagu di tempat umum, terus kalian ingin tahu judulnya apa. Nah tinggal klik saja bagian logo Shazamnya untuk identifikasi apa judul lagu yang sedang kalian dengarkan.

Setelah itu tinggal tunggu sebentar sampai aplikasi Shazam berhasil identifikasi lagunya. Daaannnn voallaaa~ Judul lagi dan penyanyinya akan muncul deh.

Mode Auto Shazam

Mode ini akan sangat berguna jika kalian ingin tahu daftar lagu apa saja yang sedang diputar di radio, tv atau yang lainnya, karena aplikasi akan melakukan identifikasi secara terus menerus untuk mencari informasi dari sebuah lagu. Nantinya, aplikasi ini akan membuat daftar lagu yang telah diidentifikasi selama mode auto Shazam dinyalakan.

Terlebih lagi, ini bisa mengidentifikasi lagu di latar belakang. Jadi, kalian juga bisa mencari judul lagu ketika sedang menonton YouTube atau yang lainnya pada perangkat yang sama.

Sebagai contoh, ini akan berguna jika pengguna sedang menonton video di YouTube, dan ingin mengetahui background lagu apa yang digunakan oleh video tersebut. Caranya kurang lebih sama. Bedanya, saat kalian tap logo Shazam nah itu tap agak lama sampai muncul teks “auto Shazam is On” dan tinggal tap lagi untuk matikan auto shazam.

Untuk melihat daftar lagu yang berhasil di identifikasi, kalian tinggal cek di “My Shazam”, lalu tap daftar histori dengan judul berupa tanggal saat kalian melakukan Auto Shazam yang dibawahnya terdapat bacaan “Auto Shazam”. Disitu kalian akan melihat daftar lagu yang telah diidentifikasi selama Auto Shazam dihidupkan.

Gimana mudah bukan memakainya? Selamat mencoba!

 

a little person with a big dream

Leave a Reply