Ini dia beberapa ‘syarat’ agar press release-mu di publish oleh media

Jul 27, 2020
63 Views

minikutumedia.com – Sebagai penggiat seni pasti akan selalu ada karya yang ingin di publish agar bisa didengar atau dilihat oleh orang lain. Nah salah satu caranya adalah dengan membuat press release.

Press release memegang peran penting, apalagi untuk yang baru saja memulai debut atau karir sebagai penggiat seni. Selain menyebarkan lewat sosial media pribadi, membuat press release ini bisa menjadi salah satu cara agar karya Sahabat Kutu semakin dikenal banyak orang.

Kali ini Kutu akan kasih tau beberapa hal yang bisa bikin press release Sahabat Kutu di publish oleh media. Langsung aja yuk ~

Pertama-tama Sahabat Kutu harus pahami dulu kriteria apa yang disukai oleh media dan apa saja kemungkinan yang bisa membuat press release kalian di publish. 

Jelaskan secara rinci

Bagi Sahabat Kutu yang baru saja memulai debut atau karir sebagai penggiat seni, sangat wajib untuk menjelaskan secara rinci tentang diri kalian dan jangan lupa se-unik mungkin. Dengan posisi baru saja debut, kemungkinan orang yang tahu tentang kalian hanya sedikit dan otomatis rekam jejak digital kalian pun belum tersedia di mesin pencarian google jika ingin mencari tahu info lebih lanjut.

Jika Sahabat Kutu menjelaskan secara rinci, pasti media yang kalian tuju pun akan kaya informasi dan lebih bisa mengenal siapa kalian. Jika kalian adalah sebuah grup band, jelaskan kapan band itu terbentuk, personilnya siapa saja dan karya apa yang mau kalian publish. 

Selain itu jelaskan pula makna dari lagu yang kalian buat, apa inspirasi dari lagu yang kalian tulis. Mungkin bisa jadi calon pendengar lagu kalian itu tertarik karena melihat dari filosofi dari lagu yang kalian buat.

Sebisa mungkin posisikan kalian sebagai ‘pembaca’ juga. Jika minim informasi mungkin akan sedikit kurang mendalam untuk bisa kenal dengan karya yang sudah kalian buat. Dan ingat jangan hanya sekedar menjelaskan, tapi buatlah dengan seunik mungkin.

Beritahu point menarik yang ada dalam karya kalian

Press release dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan karya yang kalian punya. Namanya juga promosi  ya khan~ pasti harus menampilkan sesuatu hal yang keren agar menarik minat media dan juga pembaca nantinya.

Tapi hati-hati dengan bahasa yang akan kalian pakai, jangan terkesan seperti terlalu ngiklan. Sebisa mungkin gunakan bahasa yang bisa membuat pembaca tertarik dan ingin melihat karya kalian.

Buatlah press release kalian seperti layaknya artikel yang bisa langsung siap publish

Banyak media yang setiap harinya menerima puluhan bahkan mungkin ratusan press release. Nah anggap saja ya kalau press release kalian akan di publish secepat mungkin dan mungkin bisa jadi tanpa ada perubahan sedikitpun dari yang sudah kalian tulis. Memang mungkin terbilang jarang media melakukan hal ini, tapi itu bisa saja terjadi. Jadi pastiin kalau press release kalian siap publish ditambah dengan judul yang menarik juga ya.

Sediakan foto atau gambar yang berhubungan dengan karyamu

Mencantumkan materi foto ataupun gambar bisa sangat membantu mempercepat press release-mu di publish. Selain untuk penambah komponen di artikel, orang juga akan tahu seperti apa wujud dari sang pemilik karya tersebut.

Materi foto atau gambarnya pun jangan yang terlalu besar banget resolusinya ya, karena itu berpengaruh pada kecepatan loading websitenya. Tapi jangan juga terlalu kecil, nanti malah ngeblur lagi hehehe

Beri link dimana karya kalian bisa dilihat

Nah ini juga penting nih, beberapa dari press release yang Kutu terima ada yang cuma bilang kalau dia mau rilis lagu, tapi dia tidak menyertakan materi gambar dan link atau soft copy dari lagunya tersebut. Gimana cara Kutu dengerinnya dong kakak-kakak yang cantik dan ganteng 🙁

Kalau kalian punya video clipnya, sertakan link youtubenya di press release yang akan kalian kirim. Bisa juga dengan share link google drive dan dropbox. Tapi yang lebih efektik biasanya adalah link youtube sih, karena di dalam email dan saat di publish di website nanti akan muncul dengan tampilan thumbnail dan bisa langsung di play. Lebih memudahkan dan juga untuk menarik minat pembaca. Contohnya tampilan thumbnail di website seperti dibawah ini nih ~

Untuk bisa membuat press release yang baik memang agak sedikit ribet bahkan mungkin juga terkesan kalau media diluar sana hanya dimanjakan oleh para pengirim press release. But we need each other right? Antara media dengan pemilik karya saling membutuhkan dan punya peran penting masing-masing.

Boleh juga nih untuk Sahabat Kutu yang karyanya ingin Kutu publish, bisa kirimkan press release kalian ke email contact@minikutumedia.com

Kutu tunggu ya!!!

a little person with a big dream

Leave a Reply