Kalian harus tahu, ini dia beberapa alat musik unik yang jarang didengar

minikutumedia.com – Mungkin kalau melihat dan mendengar alat musik seperti gitar, piano atau biola pasti Sahabat Kutu sudah gak asing lagi. Tapi beberapa alat musik yang akan Kutu jelaskan ini termasuk unik loh. Pasti Sahabat Kutu jarang liatnya. Nih langsung Kutu kasih tahu aja ya.

The Sea Organ

Di pantai laut Adriatik kota Zadar, Kroasia, terdapat sebuah alat musik berbentuk tangga yang unik disebut The Sea Organ. Seperti namanya, alat musik ini dimainkan oleh angin laut. Di bawah semua anak tangga itu ada pipa dengan sebuah lubang di atasnya yang menembus sampai keluar. Saat angin berhembus masuk ke dalam lorong pipa dan terdorong sampai keluar dari lubang, maka akan mengeluarkan bunyi. Dengan perbedaan panjang dan diameter pipa, maka nada yang dihasilkan berbeda.

Uniknya lagi nih, musik yang dihasilkan oleh The Sea Organ ini belum tentu bisa didengarkan dua kali loh. Karena setiap hembusan angin setiap detiknya berbeda, otomatis suara yang dihasilkannya pun berbeda-beda juga. The Sea Organ ini hanya ada satu-satunya loh di dunia.

Aeolian Wind Harp

Masih berhubungan dengan angin, ada satu lagi alat musik unik yang suaranya dihasilkan oleh angin yaitu Aeolian Wind Harp. Alat musik ini harus di letakkan di dekat jendela yang terbuka agar angin bisa menggerakan sekat yang bisa menghasilkan bunyi.

Tali pada aeolian wind harp ini dibuat dengan ketebalan yang berbeda yang nantinya akan menghasilkan nada dengan tingkat yang berbeda juga. Selain itu kekuatan juga berpengaruh dengan jenis suara yang akan didengar.

Road Music

Road myHokkaido. Berupa arsiran yang diukir di sepanjang jalan yang apabila kita melintas di atasnya maka akan tercipta alunan alunan musik yang indah. Instrumen ini merupakan ide dari Shinoda, seorang yang terinspirasi dari kerusakan jalan di daerah sekitar rumahnya. Dengan berbagai persiapan dan bantuan dari beberapa pihak akhirnya terciptalah karya mengagumkan ini. Hasilnya, Jalan musik yang diukir lubang dengan lebar 6mm dan terpisah tiap jarak 12 mm yang mampu menciptakan dengungan musik nan indah.

Setelah melihat artikel ini apakah Sahabat Kutu tertarik untuk datang langsung ke lokasi dimana alat musik unik ini berada? Eitttss jangan sekarang yaaa ~ Nanti ya tahan dulu, boleh pergi kalau corona sudah menghilang dari muka bumi ini.

Stay healthy and keep social distancing ya ~

 

a little person with a big dream

Leave a Reply