Indie itu apa sih? Yuk kita cari tahu

minikutumedia.com – Istilah indie ini memang sering banget kita denger ya. Eits tapi jangan sampe ngaku gaul karena “gue dengerinnya musik indie nih” eehh tapi ditanya band indie juga gatau yang kayak gimana.

Nih coba Kutu ceritain sedikit ya soal apa itu Indie.

Indie itu bukan genre ya ….

Istilah Indie diambil dari kata Independent yang artinya merdeka, bebas dan mandiri. Banyak yang anggap kalo indie itu genre musik, kayak rock, jazz, atau sebagainya. Anggapan tersebut sayangnya salah besar loh. Indie ternyata bukan genre musik, tapi sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, nggak bergantung sama label musik atau sebagainya.

Band Indie juga bikin lagu sesuai dengan apa yang mereka suka dan genre yang mereka inginkan. Nggak jarang kalo lagu-lagu yang mereka ciptakan kebanyakan bener-bener anti-mainstream dari lagu-lagu lain.

Karena semuanya pake sistem mandiri, jadi enggak jarang mereka bikin label sendiri untuk merekam dan memasarkan karya-karyanya. Pemasaran mereka biasanya melalui lewat sesama atau media sosial.

Indie mulai populer sejak lama

Tahun 1980an, tangga lagu untuk musik indie mulai dikenal. Banyak band indie yang muncul dan di era 90an, Nirvana dan Radiohead yang juga merupakan band dengan label indie mulai menyebarkan virus indie ke berbagai belahan dunia dengan musik-musik mereka yang unik tapi enak buat didengerin. Selain itu, Radiohead juga sempat menggegerkan belantika musik dengan merilis album indie dengan sistem pay-what-you-like dimana para pembeli bisa bebas membayar berapapun untuk membeli album mereka.

Perkembangan musik indie di Indonesia

Di Indonesia, pengaruh indie belum begitu terasa sampai pada pertengahan tahun 1990an. Tapi sebelum kenal istilah indie, masyarakat Indonesia lebih kenal sama istilah underground. Berbeda dengan indie, musik underground memang cenderung keras.

Pas Band merupakan band yang memulai tradisi merilis album secara Indie. Mereka sukses menjual album sebanyak 5.000 kopi. Karena keberhasilan Pas Band, akhirnya banyak band metal dan rock yang mengikuti jejak mereka.

Foto: Istimewa

Ada juga Pure Saturday yang disebut sebagai band indie pertama selain metal yang membuat album rekamannya sendiri pada tahun 1995. Disusul oleh Mocca yang berhasil menjual album mereka hingga menembus angka di atas 100.000 kopi. Keberhasilan Mocca kemudian membawa dampak pada band-band Indie di Indonesia hingga sekarang.

Nah, itu tadi penjelasan singkat Kutu soal Indie. Buat yang punya band tapi masih bilang “aku gapunya label rekaman buat bisa terkenal”. Tenangggg, kalian masih bisa berkarya lewar jalur Indie kok. Berkarya dan ciptakan lagu sendiri setelah itu share deh di sosmed dan platform musik lainnya.

Selama ada niat, pasti ada jalan ~

a little person with a big dream

Leave a Reply