Funk dan Punk, genre musik dengan style yang berbeda

minikutumedia.com – Funk dan Punk, kata yang hampir mirip saat diucapkan. Dua-duanya saat ini memang genre musik, tapi punya style yang berbeda.

Pertama kita bahas dulu soal Funk ya

Musik Funk memang tercipta karena dan untuk musik, bukan untuk gaya hidup atau cara berpakaian dan semacamnya. Funk adalah musik perkembangan dari aliran rap yang asalnya dari Negara Afrika. Genre musik Funk ini muncul bersamaan dengan genre-genre baru di tahun 50-an seperti blues dan jazz.

Karena memang pada saat itu masyarakat di sana suka musik yang nge-beat dan memang enak untuk bisa bergoyang ria azeekk ~

Jadi genre musiknya juga punya gaya yang lembut tapi tetep dengan tambahan beat dan juga ritme yang agak cepat.

Sementara Punk adalaaaahhhh ……….. mungkin agak sedikit panjang penjelasan soal Punk ini

Foto: Istimewa

Kalau dilihat awal mula kemunculannya Nama Punk sendiri adalah sebuah singkatan Public United Non Kingdom atau artinya kumpulan orang anti kerajaan yang tidak setuju dengan hokum yang berlaku di kerajaan inggris saat itu.

Dari situlah Para kaum punk mengekspresikan curahan hati soal kekesalannya soal politik lewat musik. Berbeda dengan genre lain, music punk menjadi sebuah ‘teriakan’ dari orang-orang yang tertindas.

Isi lagunya kurang lebih bercerita tentang politik, lingkungan, protes dan segala macam nya. Karena itulah akhirnya Punk mulai muncul sebagai salah satu genre music.

Selain tema lagu yang beda dari yang lain, gaya berpakaiannya juga unik dan nyentrik.

Foto: Perbedaan style cewe funk dan punk – pinterest.com

Bicara soal gaya musik, Funk adalah perkembangan dari music jazz dan blues. Jadi di dalam lagu funk masih ada unsur blues dan jazznya cuma ritmenya beda dan cenderung seperti electrical music. Biasanya ada selipan Rap juga di lagunya

Sementara music punk punya gaya music yang lebih cepat ritmenya dan biasanya ada selipan vocal growling dan screaming. Kalau didengar-dengar, pola musiknya itu antara music rock yang dipadukan dengan reggae dan dikembangkan jadi pola ritme yang lebih cepat.

Jadi antara Funk dan Punk itu sangat beda jauh ya Sahabat Kutu. Penyebutannya memang hampir sama, tapi dari segi awal mula kemunculan sampai gaya musiknya pun beda.

a little person with a big dream

Leave a Reply