Cara Mudah Membuat Podcast Gratis di Spotify

Mar 17, 2020
761 Views

Foto: Google

minikutumedia.com –  Lagi bingung atau penasaran soal bagaimana-sih-caranya membuat podcast di Spotify? Tentu hal itu menjadi salah satu ‘kegalauan’ yang bikin kamu menemukan artikel ini. Yap, dalam artikel kali ini Kutu akan membagikan cara simple membuat podcast di Spotify secara gratis tis tis tissss… uhuy …

Eits ~ tapi sebelum membuat podcast di Spotify, kamu harus tahu dulu tahapan juga alat apa aja yang akan dibutuhkan untuk membuat podcast. Sebetulnya yang paling gampang, kamu hanya membutuhkan 1 buah alat perekam biasa, bisa berupa handphone, mic atau bahkan recorder biasa. Akan tetapi karena nantinya podcast kamu akan didengarkan oleh banyak orang, pasti gamau dong kalau hasil rekamannya kurang baik. Nah ada bagusnya kamu menggunakan alat perekam yang menunjang kualitas seperti:

Taffware Mic

Foto: Google

 

Samson Go Mic

Foto: Google

 

Zoom Recorder

Foto: Google

 

Tapi ya memang sih harga alat-alat diatas tidak murah. Meskipun begitu, kamu bisa kok memaksimalkan smartphone kamu sebagai alat perekam suara, tentu dengan bantuan software edting audio setelah proses perekaman podcast berlangsung guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Software Editing Audio

Foto: Wikipedia

Setelah merekam podcastmu, tahap selanjutnya adalah memasukan file audio tersebut kedalam software editing audio untuk kamu hapus bagian yang menurutmu tidak perlu, menambahkan efek suara dan menghilangkan noise yang ada.

Berikut beberapa software editing audio yang kutu rekomendasikan untuk kamu gunakan:

  • Adobe Audition sebelumnya Cool Edit Pro, adalah stasiun kerja audio digital dari Adobe Systems yang menampilkan lingkungan campuran / edit multitrack, non-destruktif, dan tampilan pengeditan bentuk gelombang pendekatan destruktif.
  • Audacity aplikasi pemberi efek suara yang terbaik yang pernah ada di dunia sumber terbuka. Aplikasi ini dibangun dengan pustaka WxWidgets sehingga dapat berjalan pada berbagai sistem operasi. Dengan Audacity, pengguna bisa mengoreksi berkas suara tertentu, atau sekadar menambahkan berbagai efek yang disediakan.
  • MP3 Cutter jika Kamu membutuhkan sebuah software sederhana untuk memotong atau split mp3.

Setelah merekam dan mengedit audio podcast kamu, sekarang saatnya untuk publish audio tersebut ke Spotify. Agar podcast kamu bisa berada di Spotify, kamu cukup gunakan aplikasi Anchor.

Foto: Google

Seperti umumnya aplikasi, kamu perlu membuat akun dan deksripsikan akun buatanmu itu ke dalam aplikasi tersebut. Setelah berhasil, upload hasil rekamanmu barusan ke anchor namun jangan lupa isi bagian judul serta cover photo semenarik mungkin agar banyak yang tertarik untuk mendengarkan podcast buatanmu. Setelah semuanya beres, tinggal tunggu beberapa menit dan voalla ~ podcast kamu akan muncul di aplikasi Spotify. 

Sedikit penjelasan tentang Anchor, merupakan aplikasi pihak ke-3 untuk kita bisa mendistribusikan podcast kita secara massal seperti google podcast, breaker, radio public hingga Spotify secara gratissss. Bahkan bisa juga mendengarkannya langsung di aplikasi Anchor.

Foto: Shutterstock

Gimana? Mudah dan legit bukan? Ayo buat mumpung (masih) gratis! Siapa tau nanti sore udah bayar hehe…

Tapi kemudahan dalam membuat podcast ini jangan juga bikin kamu jadi asal-asalan dalam membuat podcast ya! Siapkan terlebih dahulu tema pembahasan dan lawan bicara yang asik, supaya podcast kamu gak cuman kamu doang yang denger. Kalau kamu udah buat, kamu bisa share juga podcast kamu di Instagram dan tag kutu ya biar nanti bisa kutu bantu share juga podcast kamu, tapi itu juga kalau menurut kutu seru ya podcast kamu hehehe (maafin kutu pilih-pilih emang).

Selamat mencoba ya Sahabat Kutu!

a little person with a big dream

Leave a Reply