Apa sih bedanya EP dan Album? Harus tahu nih!

minikutumedia.com – Sahabat Kutu pasti udah engga asing kalau meihat berita seorang musisi rilis EP dan Album. Tapi apa Sahabat Kutu tahu bedanya EP dan Album itu apa? Kutu akan coba jelaskan sedikit ya perbedaannya.

Yang pertama yaitu EP atau singkatan dari Extended Player. Jumlah lagu di dalam EP biasanya sekitar  4 sampai 6 track. Selain itu bentuk rilisannya juga ada berbagai macam seperti kaset, vynil, CD atau yang rilis secara digital pun ada.

Yang kedua yaitu Album atau biasa disingkat LP alias Long Player. Album merupakan kumpulan lagu-lagu yang jumlahnya lebih banyak dan punya durasi yang lebih panjang juga kalau semua tracknya digabungin, karena total track dalam 1 album bisa sampai belasan. Awalnya album hanya untuk rilisan dalam bentuk vynil aja. Tapi seiring berjalannya waktu, rilisan album sekarang bisa dalam bentuk CD dan juga digital.

Sebenarnya, meskipun jumlah lagunya cuma 4, seorang musisi atau band tetap bisa menyebut karyanya sebagai album, asalkan durasinya lebih panjang daripada EP.

Buat kalian para musisi yang baru mulai debut, semoga info pendek dari Kutu ini bermanfaat ya ~

a little person with a big dream

Leave a Reply